Langsung ke konten utama

RPP Kimia Kurikulum 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
“SIFAT KOLIGATIF LARUTAN”
Sekolah                       :  MAN Tembilahan
Mata pelajaran             : Kimia
Kelas/ semester           :  XII/I
Materi Pokok              :  Sifat Koligatif Larutan
Sub Materi                  :  Kenaikan Titik Didih

Pertemuan ke              :
Alokasi waktu             :  2 x 45 menit
A.                Kompetensi Inti    :
KI 1  :Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :  Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI4   : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


B.     Kompetensi Dasar :
3.1  Menjelaskan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku dan tekanan osmosis termasuk sifat koligatif larutan
4.1 Melakukan percobaan untuk mengetahui penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih,     penurunan  titik beku dan tekanan osmosis larutan

C.    Indikator :
a.      Kognitif
1.      Mengamati kenaikan titik didih larutan akibat penambahan zat terlarut melalui percobaan.
2.      Menghitung kenaikan titik didih larutan berdasarkan data percobaan.
3.      Menyimpulkan hasil kegiatan
b.      Psikomotor
1.      Menyiapkan bahan yang akan digunakan.
2.      Mengukur volume larutan dengan teliti.
3.      Terampil menggunakan alat sesuai dengan fungsinya.
4.      Menggunakan peralatan praktikum dengan hati – hati.
c.       Afektif (karakter)
1.      Mengemukakan Pendapat / Ide.
2.      Menjawab Pertanyaan.
3.       Mengajukan Pertanyaan.

D.    Tujuan Pembelajaran
a.      Tujuan Kognitif
1    Siswa mampu menjelaskan pengaruh konsentrasi larutan terhadap kenaikan titik didih suatu larutan dengan benar melalui percobaan dan diskusi.
2.      Siswa mampu menghitung kenaikan titik didih larutan dengan benar berdasarkan data percobaan melalui penjelasan guru dan pemberian tugas.
3.      Siswa dapat menyimpulkan hasil percobaan.


b. Tujuan Psikomotor
1.      Siswa dapat menyiapkan bahan yang akan digunakan.
2.      Siswa dapat melakukan eksperimen  sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan.
3.      Siswa dapat mengukur volume larutan dan membaca skala thermometer dengan teliti.
4.      Siswa terampil menggunakan alat sesuai dengan fungsinya.
c. Tujuan Afektif (karakter)
1.      Siswa  mampu mengemukakan Pendapat / Ide.
2.      Siswa mampu menjawab Pertanyaan.
3.      Siswa mampu mengajukan Pertanyaan.

E.     Materi Ajar
Kenaikan Titik didih larutan dan perhitungannya.

F.     Pendekatan dan Model Pembelajaran
1.      Pendekatan                 :     Kontekstual
2.      Model                          :     Pembelajaran inkuiri terbimbing

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.      Pendahuluan (15 menit)
Fase 1 Menyajikan Pertanyaan atau masalah
1.      Guru masuk ke dalam kelas dan menyapa siswa, “Assalamulaikum anak-anak!”
2.      Guru menciptakan suasana kelas yang religius dengan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa.
3.      Guru memeriksa kehadiran siswa (guru menanamkan sikap disiplin), kebersihan dan kerapian kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan
4.      Setelah mempersiapkan pembelajaran, guru menyampaikan apersepsi kepada siswa dengan tujuan membimbing ingatan siswa pada materi yang akan diberikan  pada pertemuan kali ini dengan bertanya “apa yang dimaksud dengan larutan dan zat terlarut?”
5.      Siswa diminta menjawab pertanyaan tersebut  lalu guru melengkapi jawaban siswa
6.      Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk menarik perhatian siswa dengan mendeskripsikan proses memasak air dalam kehidupan sehari-hari terlebih dahulu kemudian bertanya, “kapan air tersebut mendidih?”
7.      Siswa diminta menjawab tersebut lalu dilengkapi oleh guru
8.      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan anggota yang heterogen
b.      Kegiatan Inti (60 menit)
1.      Guru membagikan LKS pada setiap kelompok dan  menyajikan masalah :
Pada suhu berapa larutan berikut mendidih dan manakah yang lebih dahulu mendidih?
a.       10 mL aquades
b.      10 mL larutan NaCl 0,5 M
c.       10 mL larutan NaCl 1 M

Fase 2 Membuat Hipotesis
2.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling berdiskusi membuat hipotesis dan menuliskannya pada LKS
Fase 3 Merancang Percobaan
3.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa menyusun langkah-langkah percobaan yang benar dalam diskusi kelompok dalam waktu beberapa menit kemudian membimbing siswa menyusun prosedur yang benar dengan menuliskan prosedur yang benar di papan tulis.
Fase 4 Melakukan Percobaan
4.      Guru membimbing siswa melakukan percobaan untuk menguji hipotesis yang telah dibuat siswa dengan percobaan kenaikan titik didih larutan pada beberapa larutan yang telah disediakan.
5.      Siswa melakukan pengamatan dan mencatat dengan cermat dan teliti hasil observasi percobaan mereka pada LKS.


Fase 5 Mengumpulkan dan Menganalisis Data
6.      Siswa  menganalisis data hasil percobaan, membuat pembahasan atas hasil yang mereka peroleh dengan membandingkan pada literatur yang ada untuk membuktikan kebenaran hipotesis yang mereka buat, dan menjawab pertanyaan yang ada di LKS.
7.      Guru memberikan kesempatan kepada setiap kelompok dengan menunjuk salah satu anggota kelompoknya untuk menyampaikan hasil pengolahan data yang terkumpul di depan kelas dan kelompok lain memperhatikan serta memberikan tanggapan terhadap presentasi temannya kemudian guru memberikan penguatan jawaban hasil diskusi agar siswa memahami konsep kenaikan titik didih dan perhitungannya dengan benar.
8.      Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang difahami.

c.       Penutup (15 menit)
Fase 6 Membuat Kesimpulan
9.      Guru meminta siswa untuk mengumpulkan LKS
10.  Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran yang telah dipelajari
11.  Guru menanyakan pada siswa “apakah kalian merasa senang dan mengerti pelajaran hari ini?”
12.  Guru menutup pembelajaran dengan memberi tugas berupa laporan untuk setiap kelompok dan uji tertulis dalam bentuk pekerjaan rumah (PR) pada setiap siswa.

H.    Alat dan sumber belajar
·         Buku KIMIA SMA Kelas XII Michael Purba KTSP 2006
·         LKS
·         Alat dan bahan percobaan
I.       Penilaian
Aspek yang dinilai:
a.   Kognitif
 Tertulis : Penilaian ini diperoleh dengan menilai LKS dan uji tertulis yang dikerjakan secara individu dan laporan tertulis dari kelompok.
b.      Psikomotor
      Kerja Eksperimen
c.       Afektif
      Sesuai dengan lembar penilaian efektif berdasarkan pengamatan guru dalam kelas.


Lembar Penilaian afektif

N
O

Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor
Mengajukan Pertanyaan
Menjawab
Pertanyaan
Memberikan
Pendapat

1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

1














2




























3














4














5














6














7















Keterangan
Aspek yang Dinilai

Diskriptor
Skor



Mengajukan pertanyaan

Siswa dapat mengajukan pertanyaan tetapi menyimpang dari materi yang dipelajari
1
Siswa dapat mengajukan pertanyaan sesuai dari materi yang dipelajari
2
Siswa dapat mengajukan pertanyaan sesuai dari materi yang dipelajari dengan jelas
3
Siswa dapat mengajukan pertanyaan sesuai dari materi yang dipelajari dengan jelas, tepat dan logis
4
Menjawab Pertanyaan



Siswa dapat menjawab pertanyaan tetapi salah
1
Siswa dapat menjawab pertanyaan tetapi kurang tepat
2
Siswa dapat menjawab pertanyaan dengan  jelas
3
Siswa dapat menjawab pertanyaan dengan  jelas , tepat dan logis
4
Memberikan Pendapat
Siswa dapat memberikan pendapat tetapi menyimpang dari materi yang dipelajari
1
Siswa dapat memberikan pendapatnya  sesuai dengan materi yang dipelajari
2
Siswa dapat memberikan pendapatnya  sesuai dengan materi yang dipelajari dengan jelas
3
Siswa dapat memberikan pendapatnya  sesuai dengan materi yang dipelajari dengan jelas, tepat dan logis
4

A         = amat baik (80 -100)
B          = baik (60 -79)
C          = cukup (40 -59)
D         = kurang (> 39)

Mengetahui,                                      
Kepala sekolah                                                                                      Guru                                    




HIKMATULLAH SAg                                                                  WIDYA SPd

Komentar

  1. untuk kelas XI dan kelas XII rpp materi yang lain dimana??
    http://yasirmaster.blogspot.com

    BalasHapus

Posting Komentar

most popular post

Praktikum Fisika Dasar II

Percobaan Fisika Dasar II Prinsip Transformator Sedikit sharing nih, mengenai percobaan Fisika Dasar yang pernah saya lakukan, yaitu prinsip transformator.