Langsung ke konten utama

Keterampilan Bertanya Dasar

Hi sobat... apa kabarnya? semoga sehat-sehat saja ya :)
well, kali ini saya mau posting tentang salah satu keterampilan mengajar yaitu keterampilan bertanya dasar dan bertanya lanjut. tapi, saya akan berbagi tentang komponen bertanya dasar saja dulu, komponen bertanya lanjut akan saya posting secepatnya.. ok.. check this out!

Sebelumnya kita perlu tau apa itu keterampilan bertanya, keterampilan bertanya adalah ucapan atau pertanyaan yang dilontarkan guru yang menuntun respon atau jawaban dari peserta didik.

Komponen Keterampilan Bertanya Dasar

  •       Penggunaan pertanyaan secara jelas dan singkat
     Gunakan struktur kalimat yang sederhana atau disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa-siswa anda. Jangan berbelit-belit, pertanyaan seperti itu akan mengurangi perhatian siswa.

  •      Pemberian acuan
       Ada kalanya saat kita memberikan pertanyaan diperlukan acuan berupa informasi yang berkaitan dengan pertanyaan sehingga siswa mampu menjawab pertanyaan dengan tepat.

  •          Pemindahan giliran
        Pemindahan Giliran juga harus diperhatikan untuk meningkatkan interaksi siswa. Jika jawaban siswa kurang tepat maka kita dapat bertanya pada siswa kedua, ketiga dan seterusnya untuk mendapatkan jawaban yang tepat.

  •          Penyebaran
         Penyebaran pertanyaan bertujuan meningkatkan perhatian dan partisipasi siswa. Ada beberapa teknik penyebaran pertanyaan yaitu berikan pertanyaan kepada seluruh siswa dahulu, jika tak ada yang mau menjawab kita boleh menunjuk salah satu siswa. Selain itu, berikan pertanyaan yang berbeda-beda pada setiap siswa.

  •          Pemberian waktu berpikir
         Berikan waktu beberapa detik bagi siswa untuk berpikir jawaban yang akan ia berikan. Jangan terlalu lama atau terlalu cepat.

  •       Pemberian tuntunan
         Jika pertanyaan yang diberikan pada siswa ternyata jawabannya tidak tepat atau kurang tepat, guru boleh memberikan tuntunan kepada siswa dengan cara meminta siswa mengulangi jawabannya dengan kalimat yang lebih sederhana atau mengajukan pertanyaan yang lebih sederhana.

Komentar

most popular post

RPP Kimia Kurikulum 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) “SIFAT KOLIGATIF LARUTAN” Sekolah                       :  MAN Tembilahan Mata pelajaran             : Kimia Kelas/ semester           :  XII/I Materi Pokok              :  Sifat Koligatif Larutan Sub Materi                  :  Kenaikan Titik Didih

Praktikum Fisika Dasar II

Percobaan Fisika Dasar II Prinsip Transformator Sedikit sharing nih, mengenai percobaan Fisika Dasar yang pernah saya lakukan, yaitu prinsip transformator.