Langsung ke konten utama

Sifat Fisis Aldehida dan Keton

Secara umum, aldehida dan keton mempunyai titik didih yang lebih tinggi dibandingkan dengan alkena karena adanya gaya tarik menarik dipol-dipol yang lebih kuat. Gugus karbonil terdiri dari sebuah atom karbon sp2 yang dihubungkan ke sebuah atom oksigen oleh sebuah ikatan sigma dan sebuah ikatan-pi.
Ikatan-ikatan sigma gugus karbonil terletak dalam suatu bidang dengan sudut ikatan kira-kira 120o di sekitar karbon sp2. Ikatan pi yang menghubungkan C dan O terletak di atas dan di bawah bidang ikatan-ikatan sigma tersebut. Gugus karbonil bersifat polar, dengan elektron-elektron dalam ikatan sigma, dan terutama electron-elektron dalam ikatan pi, tertarik ke oksigen yang lebih elektronegatif. Oksigen gugus karbonil mempunyai dua pasang elektron menyendiri.  Perbedaan elektronegativitas antara atom penyusun gugus karbonil (atom C dan O) sangatlah besar. 
Karena senyawa ini polar, dank arena itu melakukan tarik menarik dipol-dipol antar molekul, aldehida dan keton mendidih pada temperature yang lebuh tinggi daripada senyawa nonpolar yang bobot molekulnya bersamaan. Secara terbatas, aldehida dan keton dapat mensolvasi ion (misalnya, NaI dapat larut dalam aseton).
Tabel 1 sifat fisis beberapa aldehida dan keton
Aldehida
Nama Trivial
Struktur
t.d.,o C
Kelarutan Dalam Air
Formaldehida
HCHO
-21
Asetaldehida
CH3CHO
20
propionaldehida
CH3CH2CHO
49
16 g/100 mL
Butiraldehida
CH3CH2CH2CHO
76
7 g/100 mL
Benzaldehida
C6H5CHO
178
sedikit



Keton
Nama Trivial
Sruktur
t.d.,o C
Kelarutan Dalam Air
Aseton
56
metil etil keton
80
26 g/100 mL
Asetofenon
202
Tak larut
Benzofenon
306
Tak larut

Dengan adanya elektron menyendiri pada oksigen, suatu senyawa karbonil dapat mengadakan ikatan hidrogen (tetapi tidak dengan senyawa karbonil lain, kecuali jika senyawa ini mempunyai suatu hydrogen asam untuk ikatan hidrogen).
Akibat kemampuan membentuk ikatan hidrogen ini adalah dapat larutnya aldehida dan keton yang berbobot molekul rendah, dalam air, sama seperti alkohol. Tetapi karena aldehida atau keton tidak dapat membentuk ikatan hidrogen dengan yang lainnya, titik didihnya cukup lebih rendah daripada alkohol padanannya.
Aldehida dengan rantai satu (formaldehida) berbentuk gas. Asetaldehida (rantai dua) berwujud cairan dengan titik didih 21º C. Aldehida dan keton dengan panjang rantai karbon 3-12 juga berbentuk cairan tak berwarna. Jika lebih panjang dari tiga rantai, maka aldehida dan keton berbentuk padat.




Komentar

most popular post

RPP Kimia Kurikulum 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) “SIFAT KOLIGATIF LARUTAN” Sekolah                       :  MAN Tembilahan Mata pelajaran             : Kimia Kelas/ semester           :  XII/I Materi Pokok              :  Sifat Koligatif Larutan Sub Materi                  :  Kenaikan Titik Didih

Praktikum Fisika Dasar II

Percobaan Fisika Dasar II Prinsip Transformator Sedikit sharing nih, mengenai percobaan Fisika Dasar yang pernah saya lakukan, yaitu prinsip transformator.